Cara Menampilkan Popular Posts di Blog

Cara Menampilkan Popular Posts di Blog

Cara Menampilkan Popular Posts di Blog - Berbicara mengenai blog, istilah "popular posts" pasti merujuk pada posting-posting atau artikel-artikel yang paling sering dikunjungi oleh para pengunjung. Kamu pasti tentu sangat mengenal popular posts. Tentu, karena popular post sangat umum di tampilkan pada sidebar blog. Tujuannya adalah menampilkan posting atau artikel yang paling diminati oleh para pengunjung, sehingga menarik pengunjung lainnya untuk membaca posting-posting atau artikel-artikel tersebut. 

Saya kira, semua platform blog pasti menyediakan fitur popular posts bagi para penggunanya,baik wordpress, blogger, joomla, dan lainnya. Di platform blogger sendiri, fitur popular posts bisa diatur pada halaman layout atau tata letak dalam hitungan detik saja.

Umumnya, fitur popular posts yang disediakan pihak blogger memang sangat sederhana penampilannya. Kamu bisa melakukan koding sendiri dan mengatur sedemikian rupa agar tampilan popular post sedikit lebih terlihat menarik dan elegan. 

Dan perlu diingat juga bahwa pengkodingan kode HTML di blogger untuk menampilkan popular post yang keren dan elegan bisa tergantung dari template blog yang digunakan, apalagi kamu menggunakan template blog gratisan. Setiap pembuat template pasti memiliki karakter kode berbeda di setiap template yang mereka buat, jadi bisa jadi tutorial pengkodingan HTML dari suatu blog mungkin tidak akan bekerja di template blogmu.


Cara Menampilkan Popular Posts di Blog

Nah, pada pertemuan kali ini saya ingin menerangkan tentang bagaimana cara untuk menampilkan popular post, tetapi tentu saja ini adalah tutorial untuk para blogger pemula.

1. Masuk ke akun Blogger.

2. Klik  "Tata Letak" atau "Layout".

3. Klik "Add Gadget" atau "Tambahkan Gadget".

4. Nah, kamu akan disuguhi beberapa fitur pilihan, maka pilihlah "Popular Post".

5. Lakukan penyetelan widget popular posts (baca caranya di bawah).

6. Jika sudah selesai, silahkan klik "Save" atau "Simpan".


Cara Menyetel Widget Popular Posts 

Kamu bisa mengatur mana saja posting-posting populer di blogmu yang ingin ditampilkan berdasarkan setelan tertentu. Coba perhatikan pada poin yang kelima di atas, kamu akan disugihi penyetelan sebagai berikut:

  • Title (judul): Kamu bisa mengisinya dengan judul widget. Judul widget ini menunjukkan judul popular posts.
  • Most viewed (paling banyak dilihat): Setelan ini berfungsi untuk mengatur tampilan popular posts berdasarkan waktu, baik setiap saat, tahun lalu, 30 hari terakhir, dan 7 hari terakhir.
  • Show image thumbnail (tampilkan gambar kecil): Setelan ini berfungsi untuk menampilkan gambar thumbnail (gambar kecil) di setiap artikel popular posts yang ditampilkan. Jika tidak ingin menampilkan gambar kecil, maka kamu tidak perlu centang opsi penyetelan ini.
  • Show snippets (tampilkan cuplikan): Setelan ini berfungsi untuk menampilkan cuplikan atau kata-kata yang akan tampil di bawah judul setiap artikel popular posts. Jika tidak ingin menampilkan snippets atau cuplikan, maka kamu tidak perlu centang opsi penyetelan ini.
  • Maximum number of shown posts (jumlah maksimum postingan yang ditampilkan): Setelah ini berfungsi untuk mengatur jumlah artikel yang akan ditampilkan di widget popular posts.


Kesimpulan

Demikian adalah tutorial untuk menampilkan widget popular posts secara umum. Perlu diketahui juga, biasanya setiap template blog sudah disetel oleh pembuatnya dengan tampilan yang elegan, berefek, dan lebih visual. Template default di platform Blogger memiliki tampilan yang cukup sederhana.

Nah, dengan menampilkan widget popular posts, ini akan menarik pengunjung untuk mengklik setiap artikel yang paling banyak dikunjungi. Sehingga, menampilkan widget popular posts dapat membantu meningkatkan trafik blog.