Apa itu Google Search Console (GSC)? Apa Manfaatnya?

Apa itu Google Search Console (GSC)? Apa Manfaatnya?

Apa itu Google Search Console (GSC)? Apa Manfaatnya? - Google Search Engine merupakan mesin pencari terbesar dan paling banyak digunakan pengguna internet dari seluruh dunia. Sesuai namanya yaitu mesin pencari, maka Google Search Engine digunakan oleh para pengguna internet untuk mendapatkan informasi yang relevan sesuai dengan kata kunci.

Google sendiri memiliki cakupan data yang sangat besar dan luas dari berbagai macam sumber situs web. Karena itulah, setiap kali pengguna internet memasukkan kata kunci di dalam kolom pencarian, maka Google akan langsung menyajikan hasil pencarian yang akurat berdasarkan algoritmanya.

Nah, dikarenakan Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan, untuk itulah banyak pengguna situs web yang berbondong-bondong untuk meningkatkan trafik dan peringkat di Google. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kunjungan dan memasaran produk dengan lebih maksimal.

Bertolak dari sini, Google memiliki alat atau tool yang dapat digunakan untuk membantu perjalanan trafik sebuah situs web. Alat Google ini adalah Google Search Console (GSC) atau sebelumnya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools. Untuk itulah, pada tema kali ini, mari membahas tentang apa itu Google Search Console (GSC) dan apa manfaat Google Search Console (GSC).


Apa itu Google Search Console (GSC)?

Google Search Console adalah alat atau tool gratis dari Google yang dirancang khusus untuk membantu pengguna untuk mengoptimasi situs web mereka agar dapat muncul di mesin pencari Google. Dengan ini, halaman situs web dapat ditemukan di hasil pencarian Google dengan lebih mudah sesuai dengan kata kunci dan algoritma Google sendiri.

Sebenarnya, Google Search Console (GSC) tidak hanya membantu agar halaman tampil di hasil pencarian saja, tetapi juga membantu untuk meningkatkan kinerja situs web di mesin pencari, seperti memonitoring indeks halaman, melacak perubahan pada peringkat pencarian, mengidentifikasi masalah yang mungkin mempengaruhi kinerja situs, dan lain-lainnya.

Baca juga: Cara Daftar di Google Search Console (GSC).


Apa Manfaat Google Search Console (GSC)?

Google Search Console adalah salah satu produk Google yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja situs web di mesin pencari Google. Sehingga, setiap pengguna diwajibkan untuk mengunakan alat ini apabila ia ingin meningkatkan visibilitas situs webnya di mesin pencari Google. Adapun manfaat Google Search Console (GSC) adalah sebagai berikut:

1. Google Search Console Memudahkan Indeks Halaman

Manfaat paling utama dari Google Search Console adalah agar halaman situs web dapat diindek di mesin pencari Google dengan lebih mudah. Pengguna perlu melakukan verifikasi situs webnya di Google Search Console (GSC). Dengan verifikasi situs web, halaman dapat mudah terindeks di mesin pencari Google.

2. Google Search Console Adalah Alat Untuk Monitoring Pengindeksan Halaman

Google Search Console (GCS) juga memiliki peran untuk dapat memonitoring pengindeksan halaman situs web. Tool ini memberikan laporan tentang bagaimana mesin pencari Google merayapi dan mengindeks halaman-halaman situs web.

Pengguna dapat mengetahui mana saja halaman situs web yang diindeks, dirayapi tetapi tidak dindeks, halaman tidak ditemukan, halaman dengan pengalihan kesalahan (redirect error), halaman yang diblokir oleh robot.txt, dan lain-lainnya. Dengan memonitoring pengindeksan halaman, pengguna dapat mengetahui akar masalah dan mencari solusi untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

3. Google Search Console Mengidentifikasi Masalah Kinerja Situs

Google Search Console (GCS) tidak hanya mengidentifikasi masalah-masalah perayapan dan pengindeksan seperti yang telah disebutkan, tetapi juga masalah serius yang dapat mengancam keamanan situs web. Masalah yang mengancam keamanan situs ini bisa berbentuk konten berbahaya yang terdeteksi, perangkat lunak yang membahayakan pengunjung (malware), akun dihack, dan lain sebagainya.

4. Google Search Console Membantu Situs Wes Terindeks di Mesin Pencari Lain

Ada banyak mesin pencari selain Google di internet. Biasanya, mesin-mesin pencari tersebut mengimport data dari Google Search Console (GSC), baik sebagian data maupun keseluruhan data. Tak khayal, mesin-mesin pencari mengindeks sebuah situs web padahal pengguna tidak pernah daftar di mesin pencari tersebut.

Contoh kecil adalah mesin pencari Bing, pengguna dapat daftar di Bing Webmaster Tools dengan melakukan sinkronisasi dan import data dari Google Search Console (GSC). Ini membuat Bing Webmaster Tools lebih mudah mendapatkan data situs web tersebut, sehingga pengindeksan halaman di mesin pencari Bing lebih cepat. 

5. Google Search Console Membantu Mengingkatkan Kinerja SEO Situs Web

Apabila manfaat-manfaat yang teah diulas di atas dikerucutkan menjadi manfaat umum, maka tentu manfaat Google Search Console (GSC) adalah membantu meningkatkan kinerja SEO web di mesin pencari Google. Google Search Console (GSC) memang dirancang khusus oleh perusahaan Google agar dapat digunakan oleh para pengguna web demi keperluan SEO di mesin pencari Google.


Apa Saja Fitur-Fitur Google Search Console (GSC)?

Untuk mengetahui tentang manfaat Google Search Console (GSC) secara lebih spesifik, kita bisa melihat fitur-fitur di dalamnya. Berikut ini adalah fitur-fitur yang menunjukkan manfaat Google Search Console (GSC):

  • Overview: Halaman overview di Google Search Console adalah halaman yang menampilkan statistik banyaknya klik pengunjung setiap harinya, informasi pengindeksan, pengalaman pengguna, dan penyempurnaan halaman secara umum.
  • URL Inspection: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memeriksa pengindeksan halaman URL situs web, seperti URL telah diindeks atau tidak, penyebab tidak terindeks, meminta permohonan indeks, dan lainnya.
  • Performance: Fitur ini memungkinkan Google Search Console (GSC) untuk melaporkan performa situs web, baik informasi dari hasil pencarian, Google News, dan lainnya.
  • Pages: Halaman “Pages” di Google Search Console (GSC) memuat laporan URL yang diindeks, URL yang tidak diindeks, tayangan halaman di mesin pencari, penyebab mengapa halaman tidak diindeks, dan informasi tentang meningkatkan tampilan halaman.
  • Video Pages: Halaman “Video Pages” sebenarnya memiliki fungsi yang mirip dengan halaman “Pages”. Hanya saja, halaman ini dikhususkan pada video, bukan artikel.
  • Sitemaps: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambah sitemap di Google Search Console (GSC), di mana sitemap sendiri berfungsi untuk memudahkan perayapan dan pengindeksan setiap halaman. Baca selengkapnya: Cara Menambah Sitemap Google Search Console (GSC).
  • Removals: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus halaman URL yang diinginkan dari mesin pencari Google. Baca: Cara Menghapus URL Blog di Google (Permanen).
  • Experience: Ini adalah fitur untuk menampilkan hasil analisis pengalaman pengguna, baik pengalaman halaman situs web (desktop dan mobile), core web vitals, penggunaan mobile, HTTPS, dan lainnya.
  • Enhancements: Ini adalah fitur untuk menampilkan hasil analisis penyempurnaan halaman, baik breadcrumbs, logos, review snippets, sitelinks searchbox, dan lainnya.
  • Security & Manual Actions: Fitur ini menampilkan hasil analisis tentang isu dan masalah yang mengancam kesehatan situs web, seperti halaman terdeteksi perangkat lunak berbahaya dan lainnya.
  • Links: Halaman ini menampilkan hasil analisis backlink yang memuat link-link internal, link-link eksternal, top link yang merujuk ke situs web, teks dari link yang mengarah ke situs web, dan lainnya.
  • Settings: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan setelan akun Google Search Console (GSC).

Tentu saja masih banyak fitur di dalam Google Search Console (GSC). Sekiranya, beberapa fitur yang telah dijelaskan tersebut sudah mewakili untuk memberi pemahaman tentang apa itu Google Search Console (GSC) dan apa manfaat Google Search Console (GSC).


Kesimpulan

Sebenarnya, penjelasan singkat di atas sudah menjawab tentang pertanyaan apa itu Google Search Console, apa manfaat Google Search Console, dan apa saja fitur-fitur Google Search Console. Sebagai kesimpulan akhir, fitur-fitur di dalam Google Search Console (GSC) sangat membantu dalam mengoptimalkan visibilitas dan kinerja SEO sebuah situs web di mesin pencari Google. Dengan demikian, Google Search Console (GSC) memainkan peran penting dalam pengindeksan halaman URL situs web dan meningkatkan kinerja serta reputasi situs web tersebut.