Tips Menarik Untuk Mempercepat Loading Blog Anda

Kecepatan loading blog Anda merupakan salah satu prioritas utama untuk meningkatkan kualitas blog Anda, terutama bagi para pengunjung. Dalam hal ini, Anda adalah pelaku utama yang harus bergerak merubah bagaimana gaya blog Anda, terutama dalam hal kecepatan loading. Ini dikarenakan banyak pengunjung yang merasa nyaman jika mengakses blog dengan kecepatan yang cukup, bukan sebaliknya.

Bagaimana cara mengatasi loading lambat pada blog Anda ?

Sebelumnya Anda harus mengetahui apa yang menjadi alasan loading blog Anda melambat, Apa Penyebab Loading Lambat Pada Blog Anda ?. Anda tidak perlu khawatir, di beberapa situs telah memberikan beberapa tips, tutorial, dan trik yang harus Anda lakukan untuk meringankan kecepatan blog Anda saat diakses. Di sini, saya juga akan memberikan beberapa tips menarik yang mungkin bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah loading lambat pada blog Anda :

1.    Jangan terlalu banyak menampilkan widget
Kurangi keinginan Anda untuk menghiasi blog secara berlebih dengan beberapa widget yang kurang diperlukan seperti slide show, mp3 otomatis, tampilan video,  tampilan flash, dan gadget lainnya. Ini semua menjadi faktor yang membuat loading blog Anda melambat, pastikan Anda menggunakan widget yang diperlukan untuk Anda sendiri dan untuk pengunjung blog Anda.

2.   Gunakan progam compressor
Anda bisa mengompress beberapa kode HTML atau CSS pada blog Anda. Ini dapat membantu mempercepat loading blog Anda. Anda bisa menemukan banyak situs pengompress kode HTML dan CSS di beberapa situs, silahkan Anda mengakses sendiri di mesin pencari. Baca cara compress template blog selengkapnya pada Cara Compress Template Blog Agar Lebih Ringan dan Cepat.

3.   Jangan terlalu berlebihan menampilkan iklan
Meskipun iklan dapat membantu Anda mendapatkan penghasilan dari blog, tetapi Anda juga harus menghargai kepentingan pengunjung saat mereka berkunjung pada halaman blog Anda. Anda tentunya akan merasa jengkel jika mengunjungi blog lain yang dipenuhi dengan iklan bahkan sampai pada halaman konten, begitu juga dengan pengunjung Anda. Tampilkan 3-4 iklan pada sidebar dan jangan menggunakan iklan melayang.

4.   Perkecil ukuran gambar yang akan Anda upoad
Saat Anda menampilkan gambar pada halaman konten, alangkah lebih baik jika Anda mengecilkan ukuran gambar dengan software editor gambar seperti paint, adobe photoshop, corel, dan lainnya. Perkecil ukuran pixel gambar dan gunakan kualitas gambar yang medium, ini cukup untuk memperjelas gambar.

5.   Gunakan template sederhana dan responsif
Kesampingkan keinginan pribadi Anda dan kedepankan kepentingan para pengunjung. Gunakan template yang sederhana, simple, dan responsif. Anda tidak harus mengupload template dengan dengan gaya yang berlebihan, ini akan mempengaruhi kecepatan loading blog Anda.

6.   Kurangi upload video pada halaman posting
Dalam blog, upload video memang kurang diperlukan, kecuali Anda menggunakan web untuk bisnis atau web penyedia film dan tutorial. Ingat bahwa video yang Anda upload lebih berat daripada upload gambar.

7.   Gunakan tampilan warna pada backgound halaman
Biasanya setiap tempalate blog pada blogspot menggunakan tampilan warna pada background halaman. Anda juga bisa mengganti background halaman dengan gambar yang menarik, baca selengkapnya Bagaimana Cara Mengganti Gambar dan Warna Backgroud Blog ?. Tetapi, Anda bisa mempertimbangkan bahwa mengganti background halaman dengan gambar dapat mempengaruhi kecepatan loading blog Anda.

8.   Kurangi tampilan posting pada menu utama
Anda juga bisa mengurangi banyaknya tampilan posting pada menu utama blog Anda. Ini juga dapat meringankan loading blog saat pengunjung membuka halaman menu utama.