Tips Menarik Untuk Memilih Template Blog Gratisan

Jika Anda menggunakan blogspot sebagai blog gratisan, template bawaan yang disediakan mungkin kurang memuaskan bagi Anda. Tentu saat Anda mengakses blog lain dan melihat penampilan yang menarik pada template tersebut, Anda mungkin berpikir untuk memiliki template menarik seperti itu. Hal ini sangat umum dialami oleh banyak pengguna blogspot pada awalnya, dan mungkin Anda juga salah satunya.

Template yang menarik adalah hal yang bisa mempengaruhi minat pengunjung untuk mampir ke blog Anda. Keinginan tersebut mendorong Anda untuk memilih beberapa template blog yang menarik bagi Anda dan pengunjung blog Anda. Anda bisa mencari dan memilih banyak template menarik di berbagai situs di internet. Sekarang banyak template gratisan yang tersedia, Anda hanya perlu untuk mendownloadnya.

Namun, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum Anda memutuskan untuk memilih dan menggunakan template blog. Ini sangat penting karena template yang Anda pakai juga mempengaruhi proses perkembangan blog Anda, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengunjung Anda. Nah, ada beberapa tips menarik yang bisa membantu Anda memilih template dengan tepat untuk blog Anda, di antaranya adalah :

1.   Pilih SEO template
Sebenarnya, SEO template adalah template yang didesain untuk kepentingan pengunjung dan mampu meningkatkan konten Anda di mesin pencari. Ini penting bagi Anda untuk memilih template yang bersifat SEO, sehingga Anda bisa mengoptimalkan bagaimana cara mengembangkan konten blog melalui template. Lalu bagaimana Anda harus mendapatkan SEO template ? Tidak perlu khawatir, di banyak situs menyediakan SEO template secara gratis, dan Anda hanya perlu mendownload dan mengupload pada blog Anda.

2.   Pilih template yang responsif
Internet adalah ladang semua hal di dunia, termasuk template gratisan. Dalam hal ini, pilihlah template yang sederhana dan responsif. Template yang responsif adalah template yang di desain menarik untuk memudahkan pengunjung menemukan konten Anda. Salah satu ciri template responsif adalah struktur navigasi jelas, memiliki struktur tag heading lengkap, dan lain sebagainya.

3.   Pilih template yang sederhana
Memilih template sederhana juga penting bagi Anda karena ini terkait dengan kecepatan akses/loading blog Anda. Semakin cepet loading blog Anda, maka semakin puas pula pengunjung Anda. Baca keterangan lebih lanjut : Apa Penyebab Loading Lambat Pada Blog Anda ? dan Loading Lambat Menjadi Masalah Bagi Blog di Mesin .

4.   Jangan memilih template karena keinginan pribadi
Artinya, jangan memilih template karena melihat style dan kecantikan template. Saya bisa memahami bagaimana Anda sangat suka dengan template yang menarik, cantik, dan style. Tetapi penting bagi Anda untuk membuang keinginan pribadi itu. Sebaliknya, pilihlah template yang responsif dan sederhana. Jika Anda tahu, bahwa beberapa SEO template dan template yang responsif terlihat biasa dan kurang menarik, tetapi lebih unggul di mesin pencari dari pada template dengan gaya yang berlebih dan cantik.

5.   Pilih template dengan warna background cerah pada halaman posting
Salah satu ciri template yang disukai mesin pencari dan pengunjung adalah template dengan warna background cerah pada halaman posting, biasanya berwarna putih. Saya melihat bahwa blog yang besar dan sukses seperti wikipedia dan lainnya, background halaman posting berwarna putih. Anda bisa belajar dari hal ini, secara logika, tulisan dengan warna background putih lebih jelas dan berkesan saat dibaca. Begitu juga dengan text, pastikan text pada halaman posting blog berwarna hitam, kecuali pada link.