Google Chrome vs Mozilla Firefox, Mana Yang Lebih Unggul ?

Untuk mengakses internet di komputer, Anda harus memasang sebuah browser sebagai pengatar menuju internet, tanpa browser akan sangat kesulitan tentunya. Google Chrome dan Mozilla Firefox adalah dua browser yang terkenal dan banyak digunakan orang di seluruh dunia untuk mengakses internet dibandingkan dengan browser yang lain. 

Anda pasti sudah sangat mengenal akrab keduanya, Anda juga mungkin sudah melihat bahwa keduanya digunakan oleh orang-orang disekitar Anda, bahkan di warnet-warnet pun memasang kedua browser ini untuk memenuhi keinginan pelanggan.

Sesuai dengan perjalanan waktu, Google Chrome dan Mozilla Firefox selalu meningkatkan fitur dan versi, ini terlihat seperti sebuah kompetisi. Lalu, timbul sebuah pertanyaan baru di sini, siapa yang lebih unggul antara Google Chrome dan Mozilla Firefox ?. Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mungkin penjelasan berikut akan bisa membantu Anda :

1. Fitur Pada Browser

Google Chrome dikembangkan oleh Google sejak tanggal 2 September 2008, sedangkan Mozilla Firefox dikembangkan oleh Mozilla.org sejak tanggal 23 September 2003. Mozilla Firefox mempunyai umur yang lebih tua dibandingkan dengan Google Chrome. Keduanya dilengkapi beberapa fitur yang menarik seperti Extensions, PDF viewer, Print Preview, Auto Update, Omnibox, mendukung media codec, full screen mode, Flash player (Mozilla harus memasang Flash player terlebih dahulu, sedangkan Google Chrome sudah terpasang dengan sendirinya), dan fitur lainnya.

Keduanya : SERI

2. Operasi System Browser

Jika ditinjau dari operasi system, Google Chrome dan Mozilla Firefox bisa dioperasikan pada windows, Android, Linux, Mac OS, dan lainnya.

Keduanya : SERI

3. Security Feature Pada Browser

Google Chrome dan Mozilla Firefox dilengkapi oleh sebuah anti malware tool, dimana ini berfungsi untuk mencegah pengguna agar tidak berkunjung ke sebuah situs yang dideteksi malware, spyware, malicius codes, atau virus sehingga bisa membahayakan komputer pengguna.

Keduanya : SERI

4. Kecepatan Loading Browser

Google Chrome dan Mozilla Firefox menyetting Google sebagai default search engine, jadi Anda akan bisa terhubung ke Google jika Anda menelusuri keywords Anda, Anda juga bisa mengubah setting default search angine pada keduanya. Tetapi dalam kecepatan akses browser, Google Chrome mengakses lebih cepat dari Mozilla Firefox. Anda bisa melihat gambar berikut :

Google Chrome : UNGGUL

5. Banyaknya Pengguna

Pengguna Google Chrome lebih banyak jika dibanding dengan Mozilla Firefox. Jika Anda mempunyai blog, maka Anda akan melihat laporan penayangan menurut browser pada blog Anda, atau Anda juga bisa mengetahui laporan penayangan pada Google Analytics. Misalkan, lihat gambar di bawah yang menyatakan laporan penayangan menurut browser pengunjung pada blog saya :

Google Chrome : UNGGUL

Anda bisa memberikan kesimpulan sendiri tentang penjelasan yang sudah saya paparkan di atas, tetapi ini hanya penjelasan secara umum. Anda bisa mencari penjelasan yang lebih spesifik dan lebih kongkrit dari situs-situs lainnya.