Gmail vs Ymail : Perbedaan Antara Gmail dan Ymail

Seperti halnya posting yang telah diterbitkan pada Mengenal Tentang Email sebelumnya. Kita mengetahui bahwa banyak situs yang menyediakan fasilitas mengirim dan menerima mail secara gratis. Namun, yang paling popular saat ini dari kesemuanya adalah gmail dan yahoo. Lalu mari kita pelajari lebih lanjut tentang Gmail dan Yahoo.

Google mail atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Gmail adalah sebuah layanan web email yang disediakan oleh google secara gratis. Gmail dicetuskan dalam system undangan pada tanggal 1 April 2004 dan bisa sudah dapat digunakan untuk public pada tanggal 7 Februari 2007 meskipun layanan ini masih dalam proses uji coba atau BETA. Namun pada tanggal 7 Juli 2009, layanan mail ini sudah tidak lagi menjadi BETA bersama dengan semua layanan Google Apps.

Sedangkan Yahoo Mail atau kita bisa menyebutnya Ymail adalah sebuah layanan web email yang disediakan oleh Yahoo.com secara gratis. Ymail dicetuskan pada tanggal 8 Oktober 1997 dan saat ini Ymail merupakan web layanan email terbesar yang menjadi saingan dari Gmail.

Apa keuntungan dan kesamaan Gmail dan Ymail ?

Sebenarnya, banyak keuntungan dalam menggunakan keduanya seperti pada postingan Mengenal Tentang Email. Tetapi, keduanya mempunyai beberapa kesamaan yang secara dasar sebagai berikut :

1.   Tentu saja sebagai layanan mail
Keduanya adalah layanan mail dalam mengirim dan menerima pesan dan surat. Baca di Mengenal Tentang Email

2.   Free
Keduanya merupakan layanan yang disediakan untuk publik secara gratis tanpa berbayar. Kita hanya tinggal mendaftar dan melakukan beberapa langkah dalam membuat akun dari masing-masing keduanya.

3.   Proses pendaftaran mudah
Proses pendaftaran keduanya tidak menyulitkan bagi setiap calon member, kita hanya harus melakukan beberapa langkah dalam proses pendaftaran.

4.   Tehnik Script
Keduanya mendukung tehnik script yang sama yaitu HTML, Java Script, dan Ajax.

5.   Scan Virus
Demi menjaga keamanan akun, keduanya dilengkapi scan virus saat kita upload beberapa file ke dalamnya.

6.   Bahasa
Keduanya tersedia dalam berbagai bahasa, kita hanya perlu mengatur pada pengaturan bahasa.

4.   Memiliki banyak fitur mail yang sama
Seperti kotak masuk, kotak terkirim, membuat pesan, draft, kotak spam, fitur folder, keyboard shortcuts, forward atau balas pesan otomatis, IMAP, POP3, alamat costum, akses email client, dan lain-lain.

5.   Popular
Keduanya merupakan situs mail gratis yang sudah menerobos bahkan sampai ke pelosok dunia internet. Keduanya sudah digunakan di seluruh penjuru dunia sebagai layanan mail di internet. Tetapi kehadiran Ymail lebih dulu dibanding dengan Gmail.

6.    Dan masih banyak lagi kesamaan dari Gmail dan Ymail.

Apa perbedaan antara Gmail dan Ymail ?

Seperti halnya kesamaan Gmail dan Ymail, perbedaan keduanya pun sangat banyak yang antara lain adalah sebagai berikut :

1.    Pemilik mail
Gmail adalah milik Google sedangkan Ymail adalah milik Yahoo

2.   Instant Messenger
Gmail menyediakan integrasi dengan layanan Instant Messenger (IM) melalui Google Talk, Jabber, AOL IM. Sedangkan Ymail menyediakan integrasi dengan layanan IM melalui Yahoo Messenger dan Windows Live Messenger.

3.   Space
Pada saat ini, Gmail mampu menampung data sekitar 15 Gb dengan maksimal data sekali upload sekitar 25 Mb. Sedangkan Ymail bersifat unlimited dengan maksimal data sekali upload sekitar 10 Mb bagi versi biasa.

4.   Virus Scaning
Keduanya memang memberikan proteksi bagi akun, tetapi jenis proteksi yang digunakan pun berbeda. Gmail menggunakan Sophos Anti-Virus sedangnkan Ymail menggunakan Trend Micro.

5.   Speed
Di Indonesia, banyak yang mengatakan bahwa loading Ymail lebih lambat dibanding dengan Gmail. Hal ini mungkin sudah banyak dialami oleh para pengguna Gmail dan Ymail di Indonesia, saat login bahkan mencoba masuk ke kotak pesan, Ymail terkadang sangat lemot meskipun koneksi internet cepat.

6.   Akun di non-aktifkan
Jika Gmail tidak di akses selama 9 bulan, maka akun akan di non-aktifkan, sedangkan Ymail akan di non-aktifkan setelah 4 bulan akun tidak diakses.

7.   Penampilan
Dilihat dari jenis penampilan, akun Yahoo lebih bagus. Sedangkan akun Gmail lebih sederhana.

Baca juga artikel lainnya :
Facebook vs Twitter, Mana Yang Menang ?
Google Chrome vs Mozilla Firefox, Mana Yang Lebih Unggul ?