Cara Menghapus URL Blog di Google (Permanen)

Cara Menghapus URL Blog di Google (Permanen)

Cara Menghapus URL Blog di Google (Permanen) – Google Search Console atau GSC adalah alat yang penting untuk melakukan optimasi blog di mesin pencari Google. Sebagai langkah awal dalam usaha blogging, Google Search Console (GSC) dimanfaatkan untuk memperoleh visibilitas blog di mesin pencari Google. Ya, Google Search Console (GSC) sangat berguna untuk dimanfaatkan agar URL blog lebih cepat diindeks di mesin pencari Google.

Yang jelas, Google Search Console (GSC) memiliki peran yang sangat penting dalam optimasi blog, seperti cepat memperoleh indeks, menghapus URL blog, memonitoring trafik blog, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, saya sudah mengupas singkat mengenai Google Search Console (GSC) di posting berbeda.


Menghapus URL Blog di Mesin Pencari Google

Dalam aktivitas blogging, pengguna blog bisa saja ingin menghapus URL blog yang sudah tampil di mesin pencari Google, misalnya URL berisi posting yang sudah tida berlaku dan sebagainya. Selanjutnya, untuk dapat menghapus URL blog di mesin pencari Google, pengguna membutuhkan alat webmaster Google yang kita kenal dengan istilah Google Search Console atau GSC.

Google Search Console (GSC) memiliki sebuah fitur yang disebut “Removals” yang dirancang khusus untuk meminta request untuk menghapus URL atau cache blog yang tidak diinginkan. Tanpa menggunakan fitur ini, pengguna mungkin tidak akan sanggup untuk menghapus URL blog yang sudah menjejak di halaman pencari Google.


Ketentuan Menghapus URL Blog di Google Search Console (GSC)

Sebelum mengacu pada pembahasan pengenai cara menghpus URL blog di Google Search Console (GSC), maka perlu juga untuk dimengerti beberapa ketentuan berikut ini. Hal ini dimaksudkan agar pengguna lebih memahami cara kerja dalam mengirim request penghapusan URL blog di Google Search Console (GSC):

1. URL Blog Ada Di Properti Google Search Console (GSC)

Pengguna perlu memasukkan URL blog ke dalam properti Google Search Console (GSC) ketika ia daftar. Untuk itulah, pengguna pun hanya bisa request penghapusan URL blog berdasarkan alamat URL properti tersebut, baik itu berupa URL halaman artikel maupun URLgambar.

2. Pengguna Tidak Bisa Menghapus URL Blog Lain

Melanjutkan poin kedua di atas, untuk menghapus URL blog, pengguna tidak bisa meminta request untuk menghapus URL blog lain. Ini URL blog tersebut tidak sama dengan URL di dalam properti Google Search Console (GSC).

3. URL Blog Bisa Terindeks Kembali Apabila Masih Aktif

Apabila pengguna berniat menghapus URL blog yang masih aktif, maka URL tersebut memang akan hilang di hasil pencarian Google. Permintaan menghapus URL blog bukan berarti Google akan menghapusnya, tetapi itu hanya memblokir URL tersebut di Google selama kurang lebih 6 bulan (180 hari).

Apabila dalam kurun waktu 6 bulan (180 hari) sejak mengirim permintaan penghapusan dan URL blog masih aktif, maka URL blog tersebut akan secara otomatis terindeks kembali di mesin pencari Google setelah Google merayapinya, terlebih masih memperoleh banyak klik dari pengunjung.


Cara Menghapus URL Blog di Mesin Pencari Google Secara Permanen

Sebelum menghapus URL Blog di Google, pengguna perlu terlebih dahulu memiliki akun dan daftar di Google Search Console (GSC). Setelah itu, ia dapat menikmati fitur-fitur Google Search Console (GSC) secara leluasa, termasuk menikmati fitur “Removals”.

Untuk dapat menghapus URL blog di Google secara permanen, berikut ada 2 langkah yang harus dilakukan:

1. Mengirim Request Untuk Menghapus URL Blog di Google Search Console (GSC)

Langkah pertama adalah mengirimkan request untuk menghapus URL blog melalui fitur “Removals” di Google Search Console (GSC). Namun perlu dicatat bahwa permintaan penghapusan ini hanya bersifat sementara (coba baca poin ke-3 pada ketentuan GSC di atas):

  1. Masuk ke dalam akun Google Search Console (GSC)
  2. Pilih opsi “Indexing” lalu klik menu “Removals”
  3. Pada halaman opsi “Temporary Removals”, klik “New Request”.
  4. Masukkan URL blog ke dalam kolom yang tersedia.
  5. Klik “Next” untuk mengirim request penghapusan URL.

Nah, coba perhatikan poin keempat di atas (ketika memasukkan URL), pengguna blog akan mendapati beberapa opsi sebagai berikut:

  • Temporary Remove URL: Ini adalah opsi untuk meminta penghapus URL blog di mesin pencari Google. Jika pengguna ingin menngirimkan permintaan penghapusan URL secara permanen, maka opsi inilah yang harus digunakan.
  • Clear Chached URL: Opsi ini memungkinkan URL blog masih tersimpan di dalam hasil pencarian Google, hanya saja opsi ini berfungsi untuk menghapus snippet dan cached. Pada perayapan Google selanjutnya, snippet dan cache akan dimuat ulang kembali.
  • Remove this URL only: Apabila pengguna memilih opsi ini, maka permintaan penghapusan hanya berupa URL yang dimasukkan saja, tidak URL lainnya.
  • Remove all URLs with this prefix: Apabila pengguna memilih opsi ini, maka permintaan penghapusannya adalah semua URL yang memiliki awalan sesuai dengan URL tersebut.

Ingat, permintaan penghapusan URL blog melalui fitur “Removals” ini akan menyebabkan URL terblokir di mesin pencari Google. Meskipun hanya bersifat sementara, tetapi akan mengurangi trafik blog jika dilakukan dengan sembarangan. Jadi, pastikan untuk mengetahui dan memahami penjelasan ini dengan cermat sebelum mengaplikasikannya. 

2. Menghapus atau Mengganti Alamat URL di Halaman Blogger

Setelah mengirimkan request untuk meghapus, pastikan pula untuk menghapus atau mengganti alamat URL blog. Ini dikarenakan, Google akan mengindeks kembali URL yang masih aktif setelah beberapa bulan, tergantung hasil perayapan. Adapun cara menghapus posting blog di akun Blogger adalah:

  1. Masuk ke dalam dashboard Blogger.
  2. Klik menu “Posts”.
  3. Pilih judul posting yang ingin dihapus.
  4. Klik icon sampah untuk memindah posting tersebut sebagai sampah
  5. Klik icon segitiga terbalik pada opsi “All”.
  6. Klik “Trash”.
  7. Klik icon sampah untuk menghapus posting secara permanen.

Selain menghapus posting blog, pengguna juga dapat mengganti URL blog yang telah dipublikasikan tersebut menjadi alamat URL yang baru. Cara ini dinilai sama karena alamat URL baru perlu disubmit kembali di Google Search Console (GSC), sedangkan URL lama sudah tidak berlaku dan telah hilang. Alamat URL lama akan diindikasikan sebagai Not Faound (404) karena tidak ditemukan di dalam blog tersebut.


Kesimpulan

Untuk dapat menghapus URL blog di Google secara permanen, pengguna perlu meminta request penghapusan URL di Google Search Console (GSC). Permintaan penghapusan hanya bersifat sementara dengan memblokir URL blog di mesin pencari Google, bukan menghapus secara permanen. Selanjutnya, pengguna juga perlu menghapus posting atau mengganti URL posting tersebut agar menjadi URL baru.

Kesimpulan akhirnya, apabila pengguna ingin menghapus URL blog di mesin pencari Google secara permanen, maka ada 2 hal yang perlu dilakukan. Pertama, mengirimkan permintaan penghapusan di URL di Google Search Console (GSC). Kedua, menghapus posting blog atau menggantinya dengan alamat URL yang baru.