Cara Mengganti Menu Horizontal Pada Template Baru

PelangiBlog.Com - Bagi seorang blogger, mungkin tampilan blog adalah hal yang cukup menarik dan membanggakan. Blog akan terlihat lebih indah dan cantik dengan tampilan yang bagus, baik bagi penguna maupun bagi pengunjung. Lebih khususnya pada tampilan menu horizontal, jika menu horizontal terlihat acak-acakan dengan link yang mengarah tidak karuan, tentu blog akan terkesan buruk apalagi bagi para pengunjung. Biasanya ini adalah masalah yang banyak dihadapi oleh para blogger pemula.

Dulu, saat saya pertama kali menggunakan blog, saya merasa kebingungan untuk membuat membuat menu horizontal bahkan setelah mengupload template baru di blog. Menu horizontal pada template baru sangat terlihat acak-acakan dengan link yang mengarah tidak karuan. Ini pun menjadi PR (pekerjan rumah) bagi saya. Namun, saya tidak menyerah dan terus mencoba. Mencari, mengakses, dan browsing pada situs-situs untuk menemukan penyelesaian atas masalah ini. Setelah belajar dari berbagai tutorial dari banyak situs, akhirnya saya menemukan cara untuk menjadikan tampilan menu horizontal sesuai dengan harapan saya.

Nah, di sini saya ingin membantu teman-teman blogger khususnya bagi para blogger pemula yang mungkin kesulitan dalam menentukan dan mengubah kategori kata pada menu horizontal di template blog yang baru. Saya ingin menyalurkan pengalaman yang saya miliki dan berusaha membantu kamu semua sebagai sesama blogger. Mungkin tips di bawah ini akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah tersebut, silahkan ikuti langkah-langkahnya :

1.   Lihat dulu tampilan menu horizontal pada template blog yang baru
Setelah mengupload template baru, mungkin menu horizontal akan telihat acak-acakan seperti gambar di bawah ini :


2.   Masuk atau login pada akun blog
3.   Masuk pada Dashboard akun blog seperti gambar di bawah ini :


4.   Klik “ template “ lalu silahkan diklik “ Edit HTML ” seperti gambar di bawah ini :


5.   Cari kode
Setelah itu akan keluar beberapa kode HTML, coba kamu lihat pada gambar no. 1 di atas. Misalnya kamu memilih kata “Menu 1” untuk salah satu kategori yang ingin dirubah :
  • Pada kolom kode HTML silahkan tekan keyboard CTRL + F dan isi dengan “Menu 1” lalu tekan enter, ini untuk memudahkan mencari kata “Menu 1”. 
  • Setelah ketemu kodenya, maka ganti kata “Menu 1” dengan nama kategori yang kamu kehendaki
  • Lalu pada kode href=’#’ silahkan ganti kode # dengan link yang akan merujuk pada kategori yang kamu ubah tadi.
  • Jika kamu ingin menghapus kategorinya silahkan hapus pada tanda yang diawali <li> dan di akhiri </li>. Misalnya saya menghapus kode menu 1   <li><a href='#'>Menu 1</a></li>
  • Jika ingin menghapus sub menu pada template baru, silahkan hapus mulai dari kode <ul> sampai </ul>. Coba lihat pada gambar di bawah, sub menu yang bertuliskan Menu 1, Menu 2, Menu 3, Menu 4 bisa di hapus antara kode <ul> sampai </ul>
  • Untuk lebih memudahkan silahkan lihat gambar di bawah ini :


Catatan :
Jika kamu salah dalam mengubah kode, maka akan ada tulisan warna merah di atas kolom kode HTML. Itu merupakan petunjuk pada kesalahan kamu, dan otomatis kode yang kamu ubah belum tersimpan. Jika kode yang diubah telah tersimpan dan kamu ingin mengembalikannya seperti semula, kamu bisa menekan keyboard CTRL + Z. Itu jika kamu belum meninggalkan halaman pada kolom kode HTML, jika kamu sudah keluar atau beralih pada kategori dashboard lain pada blog kamu, maka kamu harus mengotak-atik kode tersebut lagi untuk mengembalikan seperti semula.

Ini merupakan tips dasar bagi para blogger pemula dalam mengubah atau mengganti nama kategori pada menu horizontal pada template baru. Semoga bermanfaat ^_^

Tonton videonya agar lebih jelas :