Tips Menarik Untuk Mempromosikan Blog

Sebuah keberhasilan memang membutuhkan kerja keras, begitu juga dengan sebuah blog. Jika kita ingin memiliki sebuah blog yang tumbuh dan dikunjungi banyak orang, maka luangkan waktu kita untuk mempromosikannya. Di dunia internet, lebih dari seratus juta blog yang dilacak oleh mesin pencari, penerbitan konten yang menarik tidak cukup untuk menjadikan blog kita tumbuh dan mendapatkan pengunjung yang banyak. Namun, kita perlu bekerja keras memeras keringat untuk mempromosikannya kepada blog lain, teman, dan forum-forum tertentu. Nah, di sini mungkin saya akan berbagi 10 tips untuk membantu dalam mempromosikan blog kita.

1 . Beri Komentar di Blog Lain
Ini adalah cara yang mudah dalam mempromosikan blog kita, yaitu dengan memberikan komentar di blog lain. Setiap kali Kita komentar, masukkan nama blog dan URL blog kita dalam komentar tersebut, dan ajak orang lain untuk mengunjungi blog kita. Melakukan hal ini akan membantu upaya optimasi mesin pencari kita dari waktu ke waktu. Ketika kita meninggalkan komentar yang baik, menarik, dan berguna di blog lain (khususnya yang terkait dengan topik blog kita sendiri), maka orang lain akan melihat dan mengikuti link tersebut ke blog kita untuk mempelajari lebih lanjut tentang solusi yang mereka cari dan membaca lebih banyak dari apa yang kita katakan di komentar.

2 . Sering Menerbitkan Artikel
Sering menerbitkan artikel dapat meningkatkan lalu lintas mesin pencari pada blog kita. Setiap artikel baru bertindak sebagai titik entri baru pada mesin pencari untuk menemukan blog kita. Dengan banyak menerbitkan artikel, berarti kita menyediakan banyak solusi dari para pengunjung. Ini akan membantu dalam menarik banyak pengunjung dan tentu saja kita pun harus menyempatkan beberapa waktu agar bisa secara intens update artikel terbaru.

3 . Bergabung Dalam Forum Online
Bergabunglah dalam forum yang terkait dengan topik blog kita, aktif dalam forum tersebut, dan beri kontribusi kepada anggota lain. Sertakan link ke blog kita di signature forum, jadi selalu tersedia untuk anggota lain saat mereka ingin mampir ke blog kita. Dengan bergabung dalam forum-forum, kita memiliki banyak teman online, saling berbagi, dan saling membantu.

4 . Gunakan Jaringan Sosial
Kita bisa memanfaatkan peluang promosi dalam beberapa jaringan sosial seperti facebook, twitter, google plus, dan lain-lainmnya. Kita bisa menyertakan link blog ke dalam informasi profil sehingga orang lain akan tahu alamat URL blog dan berkunjung. 

5.  Share Artikel di Beberapa Jaringan Sosial
Saat kita menulis artikel, maka kita bisa share artikel tersebut di beberapa jaringan sosial seperti facebook, twitter, google plus, dan lainnya. Dengan begitu berarti kita mengajak para teman dalam jaringan sosial untuk mengikuti Url dan membaca artikel kita. Apalagi judul posting sangat bagus dan menarik, itu akan menggoda orang lain untuk turut berkunjung ke blog kita.

5 . Tukar link
Kita bisa bekerja sama dengan blog lain dalam upaya meningkatkan pengunjung dan mempromosikan blog kita lewat tukar link. Kita bisa memasukkan link yang merujuk pada blog lain, begitu juga dengan blog tersebut yang menyertakan link blog kita di dalamnya. Kita bisa membuatnya dalam kolom atau posting tukar link. Dengan menukar link blog kita dengan blog lain, maka ini adalah bentuk promosi yang efektif dan bisa meningkatkan pengunjung.

6 . Mengenalkan Blog kepada teman-teman
Kita bisa mengenalkan blog kita kepada teman-teman dan mempromosikan isi blog kita kepada mereka, entah itu lewat perkataan langsung, sms, atau lainnya. Katakan kepada mereka bahwa kita mempunyai banyak solusi dan hal yang bermanfaat bagi mereka. Tetapi ini mungkin bisa dilakukan bagi kita yang memang penuh semangat dan percaya diri. Ini memang salah satu bentuk usaha dalam mempromosikan blog, semakin besar kerja keras kita maka akan semakin dekat dengan keberhasilan.

7 . Mengikuti Web Backlink
Mengikuti web backlink merupakan hal yang paling efekti dalam mempromosikan dan menarik banyak pengunjung. Kita hanya melakukan pendaftaran dan mengisi URL blog kita, tunggu beberapa waktu dan kita bisa melihat banyaknya pengunjung yang datang di blog kita. Namun, ini adalah cara kotor yang tidak disukai oleh mesin pencari, kita bisa mempertimbangkannya jika kita tidak ingin blog kita dihapus di serach engine.

8 . Menulis URL Blog di Signature Email
Menulis URL blog di signature email sendiri merupakan salah satu cara mempromosikan blog. Setia kita menulis email, maka URL blog kita akan selalu muncul, itu bisa menggoda orang lain untuk mengikuti URL tersebut dan mampir ke blog kita.

Meskipun mempromosikan Blog dengan share dan meletakkan URL blog kita pada blog atau jeringan sosial adalah hal yang efektif dalam menarik banyak pengunjung, tetapi kita harus mempertimbangkan jika hal ini bisa di anggap oleh mesin pencari sebagai cara kotor. Kita boleh melakukannya tetapi jangan sampai berlebihan.