Ciri-Ciri Situs Bisnis Online Scam (Penipu)

Ciri-Ciri Situs Bisnis Online Scam (Penipu)

Ciri-Ciri Situs Bisnis Online Scam (Penipu) - Internet saat ini menjadi hal yang vital dalam kehidupan sehari-hari. Ini karena di dalam internet sendiri menyediakan berbagai macam kebutuhanmu, mulai dari informasi dunia, berita, sejarah, ilmu pengetahuan, komunikasi, bisnis, pendapatan online, dan lain-lain. Semuanya bisa kamu temukan di dalam internet dan kamu hanya perlu memanfaatkannya untuk membantu menemukan apa yang kamu cari.

Salah satu hal penting yang sangat dibutuhkan oleh banyaknya pengguna internet adalah bisnis online dan mendapatkan penghasilan secara online. Ya, meraup banyak penghasilan secara online adalah sesuatu yang diminati, diidam-didamkan, dan dicari-cari oleh banyak pengguna internet. 

Ada banyak situs yang memberikan promosi dan menjanjikan pendapatan secara online di internet. Namun, yang menjadi masalah adalah banyaknya situs yang tidak konsisten pada janji dan promosi mereka, situs-situs itu disebut situs scam atau situs penipu.


Ciri-Ciri dan Karakter Bisnis Online Scam dan Penipu

Nah, jika kamu ingin bergabung dengan situs-situs bisnis online, sebelumya kamu harus mengerti dulu apakah situs yang akan kamu ikuti adalah situs scam atau benar-benar situs yang bisa dipercaya. Jadi, berikut ini adalah ciri-ciri dan karakter sebuah situs bisnis online yang tergolong scam dan penipu :

1. Income Terlalu Menggiurkan

Income yang menggiurkan adalah trik untuk mendapatkan korban, apalagi mereka yang belum berpengalaman mengenai luasnya internet. Setidaknya kamu bisa berpikir secara logika dan mempertimbangkan kembali tentang income yang diberikan.

Misalnya ada sebuah situs bisnis itu menawarkan income sebesar 500.000 per hari atau bahkan lebih. Jika dipikir secara logika, income sebesar itu sudah pasti akan membuat semua membernya sukses. Jangan mudah tergiru, ada kemungkinan bahwa situs promosi income tersebut bertujuan untuk memanipulasi banyak orang untuk bergabung.

2. Situs Bisnis Onlie Dengan Deskripsi Kerja Kurang Jelas

Bisnis online terpercaya akan menjelaskan tentang deskripsi kerja dengan sangat detail, mulai dari produk yang dipasarkan, cara kerjanya, biaya administrasi, sistem pembayaran anggota, hasil yang diperoleh bagi anggota, dan laain-lain.

3. Identitas Situs Kurang Jelas

Biasanya, situs scam mencoba untuk menyembunyikan identitas asli atau memberikan identitas yang palsu. Pastikan kamu mencoba memeriksa identitas situs bisnis yang akan kamu ikuti, mulai dari pemilik situs, alamat situs, nomor yang bisa dihubungi, dan beberapa informasi tentang staff, dan admin.

4. Pembatasan Komunikasi Dengan Staff Admin

Situs scam biasanya sengaja memberikan batasan dan mencoba menghindari komunikasi secara langsung dengan para membernya. Biasanya mereka hanya membolehkan kontak pesan melalui sms dan email. Bisnis online besar dan terpercaya seperti yang banyak dimiliki oleh situs luar negeri, mereka tidak segan-segan menelfon anggota untuk memberikan pelayan yang jelas dan ramah.

5. Sedikit Testimoni dan Palsu

Testimoni merupakan dukungan dan promosi oleh para member untuk meningkatkan sebuah bisnis. Setiap situs bisnis pasti memiliki beberapa testimoni sebagai upaya membantu meningkatkan bisnis juga sebagai promosi. Ini menunjukkan bahwa semakin banyak dan kuatnya testimoni bisnis tersebut, semakin banyak pula member yang bergabung dan mendukungnya.

Kamu bisa menemukan testimoni pada komentar-komentar member atau pada halaman testimoni. Ini berguna untuk memastikan bahwa bisnis online tersebut benar-benar dapat dipercaya. Namun, banyaknya testimoni juga belum bisa menjamin, karena banyak situs scam telah memanipulasi testimoni palsu untuk mendukung bisnis mereka.

Jika demikian, kamu bisa mencari testimoni di luar situs tersebut, misalnya komentar member-membernya di media sosial, forum, atau artikel-artikel review. Justru, testimoni di luar situs memiliki banyak kemungkinan benar.  

6. Bisnis Online Dengan Menggunakan Situs Versi Gratisan

Situs bisnis online yang besar biasanya menggunakan hosting dan domain berbayar, karena itu menunjukkan tingkat profesionalisme dan kesungguhan dalam kinerja. Sebaliknya, bisnis online dengan menggunakan situs gratisan (.blogspot.com, .wordpress.com, .xyz, .yolasite.com, dan lain-lain) perlu lebih diwaspadai daripada bisnis online dengan situs berbayar. Tidak perlu dicatat juga bahwa semua situs bisnis versi gratisan (seperti menggunakan blogspot) adalah situs scam. Kamu hanya lebih perlu hati-hati dan waspada. 

7. Tidak Ada Bukti Sukses dari Member

Setiap bisnis online menarik simpati dan kepercayaan dengan memberikan bukti dari anggota yang telah sukses baik berupa photo, pernyataan, laporan rekening, dan lainya. Tetapi itu juga tidak menjamin karena masih banyak situs scam menggunakan bukti palsu untuk memberikan kepercayaan pada pelanggan.

8. Situs Bisnis Online Yang Tidak Populer

Banyaknya korban yang meninggalkan situs scam membuat situs itu tidak populer. Tentu banyak informasi dan posting di berbagai blog, forum, dan komentar yang menjelaskan tentang penipuan situs tersebut, ini juga menyebabkan orang lain enggan bergabung. Tidak hanya itu, jumlah anggota pun berkurang sehingga informasi anggota pun tidak jelas dan palsu.

Untuk menghindari situs bisnis scam, kamu juga perlu membaca beberapa tips : Tips Memilih Situs Bisnis Terpercaya.