Tips Diterima Google Adsense Berdasarkan Pengalaman

Google adsense adalah program publisher iklan yang diselenggarakan oleh Google, dan ini sangat diminati oleh para blogger daripada publisher lainnya. Tentu saja karena Google lebih profesional dan mampu membayar iklan publisher lebih banyak daripada iklan publisher lainnya. Pendapatkan Google Adsense per klik sangat berbeda tergantung kualitas dan intensitas blog Anda, ada yang mendapatkan $ 1 per klik atau bahkan lebih, tetapi ada juga yang mendapatkan kurang dari $ 1 per klik.

Memang tidak mudah untuk diterima di Google Adsense, tetapi saya tidak mengatakan “tidak mungkin”, buktinya saya bisa diterima di Google Adsense. Saya sudah aktif di blog sekitar tahun 2010, tetapi saya hanya sekedar menulis. Nah, pada tahun bulan Januari 2014, saya mulai berpikir dan membuat blog baru (blog ini) dengan target dapat diterima di Google Adsense. Alhamdulillah, saya bisa diterima di Google Adsense, dan Anda bisa melihat iklan yang saya tampilkan di blog ini. Ada beberapa tips agar Anda juga bisa diterima di Google Adsense sesuai dengan pengalaman saya :

1. Buat blog atau web
Syarat utama agar Anda bisa diterima di Google Adsense adalah mempunyai Blog atau Web, tetapi Anda juga bisa menggunakan akun Youtube agar diterima oleh Google Adsense. Dan saya kira membuat blog atau web lebih efektif agar diterima di Google Adsense daripada menggunakan akun Youtube, baca juga Perbedaan Antara Blog dan Web. Jika Anda iingin membuat blog agar diterima di Google Adsense, saya sarankan agar Anda menggunakan blogspot.

2. Konten Asli
Usahakan Anda menulis konten yang original dan asli. Jika kebanyakan konten Anda adalah copy paste dari blog lain, kemungkinan besar blog Anda tidak akan diterima oleh Google Adsense.

3. Tulis sekitar 400 - 500 kata
Mesin pencari sangat memperhatikan kualitas konten, jadi saya sarankan agar Anda menulis sekitar 400-500 kata atau lebih ketika menerbitkan artikel baru. Tampilkan juga gambar untuk setiap artikel yang diterbitkan agar terlihat menarik.

4. Sering update
Selain konten asli, pastikan Anda sering mengupdate artikel. Minimal Anda mempunyai lebih dari 30 artikel agar blog Anda bisa diterima di Google Adsense. Seingat saya, Google Adsense menerima blog saya ketika artikel saya sudah berjumlah lebih dari 70 artikel.

5. Fokus pada satu topik blog
Ini penting ketika Anda membuat sebuah blog, fokus pada satu topik. Misalkan tentang Blog, tentang komputer, tentang elektronik, tentang tips, tentang manfaat buah-buahan, dan lain-lainnya. Tujuan utama fokus pada satu topik adalah blog Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Jangan hanya sekedar menulis dan sembarangan.

6. Tunggu sampai 6 bulan
Anda harus menunggu selama 6 bulan setelah pembuatan blog Anda sebelum Anda daftar ke akun Google Adsense. Dan selama 6 bulan tersebut, sebaiknya Anda memperkaya artikel seperti yang saya lakukan.

7. Gunakan template yang sederhana
Template yang Anda gunakan sebaiknya dengan background putih dan link berwarna biru. Anda juga bisa membaca kriteria SEO template.

8. Jangan memasang iklan lain saat Anda daftar
Google sangat sensitif dengan iklan lain di blog Anda, untuk itu jangan memasang iklan lain saat Anda sedang daftar. Bahkan Google akan tidak segan-segan memblokir akun Google Adsense jika ada iklan lain di blog.

9. Alamat jelas
Sebaiknya, Anda menyantumkan alamat jelas pada “Contact” dan juga pada saat Anda daftar, isilah sesuai KTP Anda. Pertama kali Google menolak saya adalah karena saya tidak menyertakan alamat yang bisa dihubungi pada blog.

10. Tentang blog Anda
Sebaiknya, Anda juga menerangkan sedikit tentang blog Anda pada menu “About me”, sama seperti blog saya, Anda bisa melihatnya.

11. FAQ, Privacy Policy, Disclaimer, dan Sitemap
Sebagian blog lain menerangkan bahwa FAQ, Privacy Policy, dan Sitemap mempengaruhi apakah blog Anda diterima atau ditolak. Tentu, ini juga sangat mempengaruhi sesuai dengan kebijakan Google Adsense untuk sebuah blog.

12. Daftar lagi setelah ditolak
Ketika saya daftar Google Adsense, saya tidak langsung diterima. Seingat saya, dua kali Google telah menolak blog saya. Tentu saja di sana ada keterangan dan alasan mengapa Google menolak saya. Jadi, saya memperbaiki kesalahan sesuai dengan alasan penolakan Google.

13. Tampilkan iklan Google
Saya tidak tahu apakah tips terakhir ini benar atau salah, tetapi Anda mungkin bisa memnbacanya karena ini juga pengalaman yang sama dari teman saya. Baca selengkapnya di Kisah Blog Saya Diterima di Google Adsense.