Ternyata, Inilah Wujud dan Bentuk Malaikat Jibril, Mikail, Israfil, dan Izrail

Ternyata, Inilah Wujud dan Bentuk Malaikat Jibril, Mikail, Isrofil, dan Izroil

Allah SWT telah menciptakan empat malaikat mulia yang ditugaskan untuk mengurus urusan-urusan makhluk-Nya dan mengatur keseimbangan alam. Keempat malaikat tersebut adalah Malaikat Jibril as, Malaikat Mikail as, Malaikat Israfil as, dan Malaikat Izrail as.

Malaikat Jibril as ditugaskan sebagai pembawa wahyu dan risalah, Malaikat Mikail ditugaskan untuk mengatur masalah rizki dan hujan, Malaikat Israfil ditugaskan sebagai peniup sangkakala saat tiba hari kiamat, dan Malaikat Izrail ditugaskan sebagai sang pencabut kehidupan.

Bentuk dan Wujud Malaikat Israfil as
Dalam sebuah riwayat, Sahabat Ibnu Abbas ra mengatakan bahwa Malaikat Israfil memohon kepada Allah SWT agar ia diberikan kekuatan 7 langit, Allah SWT pun memberikannya. Lalu, ia memohon agar diberikan kekuatan 7 bumi, Allah SWT pun memberikannya. Lalu, ia memohon agar diberikan kekuatan angin, Allah SWT pun memberikannya. Lalu, ia memohon agar diberikan kekuatan gunung-gunung, Allah SWT pun memberikannya. Lalu, ia memohon agar diberikan kekuatan semua jin dan semua manusia, lalu Allah SWT pun memberikannya. Dan, ia memohon agar diberikan kekuatan binatang-binatang buas, Allah SWT pun memberikannya.

Adapun wujud dan bentuk Malaikat Israfil as, dikatakan bahwa sekujur tubuhnya, mulai telapak kaki sampai kepala, dipenuhi dengan rambut, mulut, dan lisan yang tertutup oleh hijab (penutup). Setiap lisannya senantiasa mengucapkan tasbih kepada Allah SWT dengan 1000 bahasa yang berbeda.

Allah SWT menciptakan sejuta malaikat dari diri Malaikat Israfil as. Para malaikat itu senantiasa membaca tasbih kepada Allah SWT sampai hari kiamat tiba, mereka adalah Malaikat Muqorrobun (para malaikat yang dekat dengan Allah SWT), Malaikat Hamalatul Arsy (para penyangga Arsy), dan Malaikat Kiromul Katibin. Mereka semua memiliki bentuk yang serupa dengan Malaikat Isrofil as.

Malaikat Israfil as senantiasa melihat ke dalam neraka Jahannam sebanyak 3 kali dalam sehari semalam. Ketika melihatnya, dia semakin merendahkan diri kepada Allah SWT dan dia menangis kencang. Jika saja Allah SWT tidak mencegah air mata yang keluar dari tangisannya, maka bumi sudah terbanjiri oleh air matanya seperti saat banjir bandang Nabi Nuh as.

Adapun besar dan tinggi Malaikat Israfil as, semua air yang ada di lautan dan semua air yang ada di sungai, jika keduanya dikumpulkan dan dituangkan ke atas kepala Malaikat Israfil, maka tidak ada satupun air yang menetes ke bumi.

Lebih detail lagi, baca juga : Inilah Wujud, Bentuk, dan Kekuatan Malaikat Israfil.

Wujud dan Bentuk Malaikat Mikail as
Allah SWT menciptakan Malaikat Mikail as setelah Dia menciptakan Malaikat Isrofil dalam selisih waktu selama 500 tahun. Sekujur tubuhnya, mulai dari telapak kaki sampai kepala terpenuhi oleh rambut yang terbuat dari minyak za'faron (zafran), sayap-sayapnya yang indah terbuat dari batu Zabarjud (sejenis batu permata seperti batu zamrud) yang berwarna hijau. Setiap rambut dari sekujur tubuh Malaikat Mikail as terdapat sejuta wajah, di mana setiap wajah terdapat sejuta mata dan sejuta mulut.

Dari setiap mulut terdapat sejuta lisan, yang mana lisan-lisan mengucapkan sejuta bahasa yang berbeda dan senantiasa pula memohonkan ampun kepada Allah SWT untuk orang-orang mukmin.

Dan dari setiap mata, ia menangis karena merasa kasihan kepada orang-orang mukmin yang berdosa. Dari setiap mata yang menangis, terteteslah 70.000 air mata. Lalu, Allah SWT menciptakan seorang malaikat dari setiap tetes air mata itu.

Para malaikat itu memiliki bentuk yang serupa dengan Malaikat Mikail as, mereka senantiasa membaca tasbih kepada Allah SWT sampai hari kiamat tiba. Para malaikat itu dinamakan Malaikat Karobiyyun.

Malaikat Karobiyyun adalah para pembantu Malaikat Mikai as, mereka dipasrahkan untuk mengatur masalah hujan, rizki, tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan lainnya. Dan tidak ada satu pun dari semua yang ada di darat dan di laut, baik berupa hewan, tumbuhan, dan lainnya, kecuali ada malaikat yang dipasrahkan untuk mengatur kehidupan dan rizkinya.

Wujud dan Bentuk Malaikat Jibril as
Allah SWT menciptakan Malaikat Jibril as setelah Dia menciptakan Malaikat Mikail dalam selisih waktu 500 tahun. Malaikat Jibril as memiliki 1.600 sayap di tubuhnya, sekujur tubuhnya dipenuhi oleh rambut yang terbuat dari minyak za'faron (zafran) terlihat indah seperti bulan dan bintang-bintang. Malaikat Jibril sangat besar sehingga matahari ada di antara kedua matanya.

Setiap hari, Malaikat Jibril menyelam ke dalam "Bahrun Nur (Lautan Cahaya)" sebanyak 370 kali. Saat dia keluar, terteteslah sejuta tetes air dari setiap sayapnya. Dan dari setiap tetes, Allah SWT menciptakan seorang malaikat yang memiliki bentuk serupa dengan Malaikat Jibril as. Para malaikat itu bernama Malaikat Ruhaniyyun, mereka senantiasa membaca tasbih kepada Allah SWT sampai hari kiamat tiba.

Wujud dan Bentuk Malaikat Izrail as
Adapun wujud dan bentuk Malaikat Izrail as yang dikenal sebagai Malaikat Maut, maka serupa dengan Malaikat Israfil as, baik dari segi wujudnya, besarnya, sayapnya, lisannya, dan kekuatannya, tidak lebih dan tidak pula kurang.

Wallahu a'lam bis showab,

Sumber : Kitab Daqoiqul Akhbar, Bab ke-3, Penjelasan Tentang Malaikat
Penulis : Imam Abdur Rohim bin Ahmad Al-Qodli.