Cara Menambah Sitemap Google Search Console (GSC)

Cara Menambah Sitemap Google Search Console (GSC)

Cara Menambah Sitemap Google Search Console (GSC) – Google Search Console (GSC) adalah platform master yang dikembangkan oleh perusahaan Google untuk membantu pengguna dalam meningkatkan kinerja situs web mereka di mesin pencari Google. Sebelumnya, Google Search Console (GSC) dikenal dengan nama Google Webmaster Tools.

Google Search Console (GSC) merupakan alat yang secara khusus diperuntukkan untuk keperluan pengindeksan dan visbilitas situs web di mesin pencari Google. Saya sendiri sudah mengulas cukup panjang mengenai Google Search Console (GSC) pada posting sebelumnya: Apa itu Google Search Console (GSC)? Apa Manfaatnya?.

Langkah selanjutnya yang perlu untuk dilakukan agar semua halaman situs web dapat terindeks di mesin pencari Google adalah menambah sitemap Google Search Console. Ini sangatlah penting untuk dilakukan agar indeks halaman dan visibilitas situs web lebih mudah dan cepat.

Namun, sebelum membahas tentang cara menambah sitemap Google Search Console, mari kamu perlu memahami lebih jauh mengenai apa itu sitemap Google Search Console  dan apa manfaat sitemap Google Search Console.


Apa itu Sitemap?

Sitemap, jika dibahasakan Indonesia artinya adalah peta situs. Sitemap adalah suatu halaman yang berisi daftar semua halaman URL yang ada di dalam situs web. Sesuai namanya yang berarti peta situs, maka sitemap berfungsi sebagai peta penunjuk untuk membantu mesin pencari dalam mengidentifikasi dan memahami struktur situs web. 

Dalam hal ini sitemap berperan penting untuk dapat membantu membantu mesin pencari dalam crawling (merayapi) dan indexing (mengindeks) halaman URL situs web. Tujuannya adalah dapat memperoleh visbilitas dan meningkatkan peringkat situs web di hasil pencarian.


Manfaat Menambah Sitemap Google Search Console

Sebagaimana mesin pencari besar lainnya seperti Bing, Yandex, dan lainnya, Google juga memiliki alat master yang kita sebut Google Search Console (GSC). Alat ini memainkan peran penting bagi situs web dalam hal pengindeksan seluruh halaman URL.

Untuk memudahkan mesin pencari Google dalam mengindeks semua halaman URL situs web, penggunanya perlu menambah sitemap di Google Search Console. Adapun manfaat yang diperoleh dalam menambah sitemap Google Search Console antara lain:

1. Memudahkan Mesin Pencari Google Untuk Merayapi dan Mengindeks Semua Halaman URL

Sebagai langkah awal dalam mengembangkan situs web, pengguna perlu daftar, melakukan verifikasi, dan menambah sitemap di Google Search Console. Selanjutnya, dengan menambahkan peta situs atau sitemap di Google Search Console (GSC), ini berarti memberikan peta petunjuk jelas pada mesin pencari Google untuk merayapi dan mengindeks semua halaman URL. Dengan demikian, Google Search Console (GSC) dapat memastikan halaman URL dapat termuat di hasil pencarian Google.

Tanpa menambahkan sitemap, bisa saja mesin pencari Google mengindeks halaman URL situs web, tetapi itu sangatlah sulit dan tidak semua halaman URL dapat diindeks. Namun, dengan menambah sitemap Google Search Console, proses perayapan dan pengindeksan akan berjalan lebih cepat dan mudah.

2. Meningkatkan Trafik dan Kunjungan Situs Web

Hasil yang diperoleh setelah menambah sitemap atau peta situs di Google Search Console (GSC) adalah mesin pencari Google dapat memuat halaman URL situs web di hasil pencariannya. Halaman URL situs web dapat tampil di hasil pencarian Google berdasarkan kata kunci yang dicari oleh pengunjung. Tentu ada faktor lain yang dapat mempengaruhi, termasuk persaingan kata kunci yang tepat.

Nah, dari sinilah, kamu tentu bisa menyimpulkan bahwa trafik dan kunjungan dapat dipengaruhi oleh visibilitas sebuah situs web di mesin pencari Google. Semakin tinggi visibili sebuah situs web di mesin pencari Google, semakin tinggi pula peluang untuk menaikkan trafik dan pengunjungnya.

3. Meningkatkan Visibilitas Situs Web di Mesin Pencari Lain

Salah satu manfaat mendaftar, melakukan verifikasi dan menambah sitemap Google Search Console (GSC) adalah meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari lain. Hal ni dikarenakan banyak mesin pencari yang mengambil data situs web dari mesin pencari Google.

Ini artinya, tingginya visibilitas situs web di mesin pencari Google dapat berpengaruh pada visibilitas di mesin-mesin pencari selain Google. Salah satu contohnya adalah mesin pencari Bing, pengguna dapat memilih opsi import data dari Google Search Console (GSC) ketika ia hendak daftar di Bing Webmaster Tools.

Selain itu, dengan menambahkan sitemap Google Search Console (GSC), situs-situs tool SEO (seperti Semrush dan lainnya) biasanya menyarankan penggunanya untuk import data dari Google Search Console. Tentu ini akan membantu situs tool SEO tersebut untuk memberi saran optimasi SEO pada situs web.


Cara Menambah Sitemap di Google Search Console (GSC)

Sebelum membahas lebih jauh, pada beberapa posting sebelumnya, saya sudah menjelaskan tutorial singkat tentang cara daftar situs web di Google Search Console (GSC). silahkan baca: Cara Daftar di Google Search Console (GSC).

Oke, langsung saja kita membahas tentang cara menambah sitemap atau peta situs di Google Search Console (GSC):

  • Masuk ke akun Google Search Console (GSC).
  • Pilih menu “Sitemaps” pada opsi “Indexing”.
  • Tambahkan sitemap Google Search Console dibawah.

sitemap.xml dan sitemap-pages.xml

  • Klik “Submit”.

Silahkan tunggu beberapa menit sampai Google Search Console (GSC) benar-benar selesai mengkonfigurasi sitemap yang telah ditambahkan. Sitemap yang telah behasil dikonfigurasi oleh Google Search Console (GSC) biasanya ditandai dengan status “Success” berwarna hijau. 


Jenis Sitemap Google Search Console (GSC)

Ada beberapa jenis sitemap yang bisa ditambahkan di Google Search Console (GSC) sebagai berikut:

sitemap.xml

Sitemap ini berfungsi agar mesin pencari Google dapat merayapi dan mengindeks semua halaman artikel situs web.

sitemap-pages.xml

Sitemap ini berfungsi agar mesin pencari Google dapat merayapi dan mengindeks semua halaman “Pages” situs web.

Kedua sitemap di atas adalah jenis sitemap umum dan bsia dikatakan sudah mewakili beberapa jenis sitemap lain agar mesin pencari Google dapat mengindeks semua halaman URL blog. Kamu juga bisa menambah jenis sitemap lain seperti di bawah ini, meskipun saya sendiri tidak menyarankannya.

feeds/posts/default?orderby=updated

Sitemap ini memungkinkan mesin pencari Google dapat merayapi dan mengindeks semua artikel yang baru saja diterbitkan.

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sitemap bisa ditambahkan apabila jumlah artikel antar 1 sampai 500. Apabila jumalh artikel lebih dari 500, tambahkan lagi sitemap seperti berikut:

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Silahkan diterukan penambahan sesuai memperhitungkan kelipatan jumlah artikel. Perlu ditacat juga bahwa cara menambah sitemap di Google Search Console sama dengan cara menambah sitemap di Bing Webmaster Tools.


Cara Menambah Sitemap di Robots.txt Blogger

Setelah menambah sitemap di Google Search Console (GSC), langkah selanjutnya adalah menambahkan sitemap di halaman pengaturan robots.txt:

  • Buka dashboard Blogger
  • Klik “Settings”.
  • Pilih opsi “Crawlers and indexing” – centar “Enable custom robots.txt”.
  • Klik “Custom robots.txt”.
  • Masukkan semua sitemap telah ditambahkan di dalam kolom.
  • Klik “Save”.

Coba perhatikan contoh gambar menambahkan sitemap di pengaturan robots.txt di bawah ini:

Cara Menambah Sitemap di Robot.txt Blogger

Kamu juga dapat memastikan bahwa sitemap yang telah ditambahkan di pengaturan robots.txt telah berhasil. Silahkan buka browser, masukkan alamat berikut ini lalu tekan enter:

https://www.URLBLOG.com/robots.txt


Cara Menghapus Sitemap di Google Search Console (GSC)

Dalam beberapa kasus, mungkin ada kesalahan daam menambah sitemap Google Search Console (GSC) atau bisa saja ada sitemap Google Search Console (GSC) yang tidak lagi diperlukan. Untuk itu, kamu bisa langsung menghapus sitemap itu di Google Search Console (GSC):

  • Masuk ke akun Google Search Console (GSC).
  • Pilih menu “Sitemaps” pada opsi “Indexing”.
  • Klik jenis sitemap yang ingin dihapus.
  • Klik titik tiga horizontal di samping “Open Sitemap” (di pojok kanan atas).
  • Klik “Remove Sitemap”.


Kesimpulan

Langkah yang perlu dilakukan agar halaman situs web dapat diindeks dengan mudah oleh mesin pencari Google adalah dengan daftar dan verifikasi situs web di Google Search Console (GSC). Setelah itu, pengguna harus menambahkan sitemap  di Google Search Console (GSC) agar memudahkan mesin pencari Google dalam perayapan dan pengindeksan halaman URLnya.